JARAK RENGGANG KLEP SEPEDA MOTOR HONDA

IBX58216CCFB23FB

Pengertian Klep atau Valve

Menyetel klep pada sepeda motor biasanya dilakukan untuk menghemat bahan bakar atau untuk meningkatkan performa sepeda motor. Penyetelan penyetelan ini pada prinsipnya adalah mengatur jarak kerenggangan klep. Biasanya jarak kerengangan klep dalam kondisi standar sudah tercantum dalam buku manual. Tetapi jarak tersebut tidak bisa dijadikan patokan penyetelan klep, terutama pada kendaraan-kendaraan yang sudah berumur dua tahun, dimana telah terjadi penurunan presisi komponen. Hal ini menyebaban pengaturan mesin sedikit berubah.
Pada sepeda motor yang umur pakainya sudah lebih dari dua tahun biasanya celah klep, clearance piston, ring piston, sisa karbon di dalam ruang bakar, dan tekanan kompresi sudah mengalami perubahan, sehingga perlu pengaturan atau setting yang berbeda. Oleh karena itu, agar pengaturan sesuai dengan performa kendaraan, maka sepeda motor perlu dicoba setelah dilakukan penyetelah.
Biasanya servis setel katup dilakukan bersamaan dengan servis ganti oli pelumas atau servis membersihkan karburator.

Dampak Setelan Klep atau Valve yang Tidak Tepat

Berikut dampak setelan klep yang terlalu rapat :
  • Bahan bakar menjadi boros,
  • Tekanan kompresi menjadi bocor,
  • Tenaga mesin berkurang,
  • Mesin tidak bisa stasioner,
  • Motor sulit dihidupkan,
  • Dapat terjadi ledakan pada karburator (khusus motor karbu).
Dan apabila setelan klep terlalu renggang berarti klep terlambat membuka dan cepat menutup. Apabila hal ini terjadi pada klep masuk maka pemasukan campuran bahan bakar udara berlangsung cepat sehingga jumlah campuran yang masuk sedikit.
Berikut dampak setelan klep yang terlalu renggang :
  • Bahan bakar yang masuk berkurang,
  • Pembuangan gas tidak bersih,
  • Tekanan kompresi menjadi rendah,
  • Motor sulit dihidupkan,
  • Suara mesin berisik,
  • Tenaga motor menjadi berkurang dan cepat panas,
  • Mesin tersendat- sendat pada putaran tinggi,
  • Mesin tidak bisa stasioner.

Daftar Tabel Setelan Standar Resmi Klep atau Valve Motor Honda

Tipe Motor HondaUkuran Dalam Mili Meter (mm)
Klep InKlep ExBatas Toleransi
Beat0,160,16± 0,02
Beat FI0,140,14± 0,02
Beat FI eSP0,120,18± 0,02
Blade0,100,10± 0,02
Blade FI0,100,17± 0,02
CB150R0,160,25± 0,03
New CB150R0,160,25± 0,03
CBR 150R0,160,25± 0,03
CBR 250R0,160,27± 0,03
CS10,060,28± 0,02
Kharisma0,050,05± 0,02
Kirana0,050,05± 0,02
Legenda0,050,05± 0,02
Mega Pro0,100,10± 0,02
Mega Pro FI0,100,14± 0,02
New Mega Pro0,100,10± 0,02
New Supra X 125 FI0,100,17± 0,02
PCX 1250,100,24± 0,02
PCX 1500,100,24± 0,02
Revo0,100,10± 0,02
Revo FI0,100,10± 0,02
Scoopy0,160,16± 0,02
Scoopy FI0,160,16± 0,02
Scoopy FI eSP0,120,18± 0,02
Sonic 150R0,160,24± 0,03
Spacy0,160,16± 0,02
Spacy FI0,160,16± 0,02
Supra Fit0,050,05± 0,02
Supra X 1100,050,05± 0,02
Supra X 1250,050,05± 0,02
Supra X 125 FI0,100,17± 0,02
Supra X Helm In0,100,17± 0,02
Supra X Helm In FI0,100,17± 0,02
Tiger0,100,10± 0,02
Vario 1100,160,27± 0,02
Vario 110 FI0,160,16± 0,02
Vario 110 FI eSP0,120,18± 0,02
Vario 125 FI eSP0,100,24± 0,02
Vario 150 FI eSP0,100,24± 0,02
Vario Techno 110 FI0,160,27± 0,02
Vario Techno 125 FI0,100,24± 0,02
Verza0,100,14± 0,02
Win0,050,05± 0,02
*Sumber : Buku Pedoman Reparasi AHASS
IBX58216CCFB23FB

Comments